Pages

Sunday, October 27, 2013

Sudahkah anda tahu Organ Tumbuhan?



ORGAN TUMBUHAN

Tumbuhan memiliki bagian-bagian sebagai berikut : akar, batang buah, bunga, dan daun seperti pada gambar di bawah ini. Setiap bagian tumbuhan tersebut memiliki fungsi masing-masing.


Akar
Akar terdiri dari berkas pengangkut yang berfungsi mengangkut zat hara dan air menuju daun. Rambut akar dan tudung akar berfungsi dalam penyerapan air dan zat hara dari dalam tanah.
Secara umum, ada dua jenis akar yaitu:
  1. Akar serabut. Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan monokotil. Walaupun kadang-kadang, tumbuhan dikotil juga memilikinya (dengan catatan, tumbuhan dikotil tersebut dikembangbiakkan dengan cara cangkok, atau stek). Fungsi utama akar serabut adalah untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan.
  2. Akar tunggang. Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil. Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan makanan. Contoh ; wortel, ubi dan sebagainya dalam bentuk umbi-umbian.

Ada beberapa tumbuhan yang mempunyai akar khusus. Akar itu mempunyai sifat dan kegunaan khusus. Beberapa akar khusus adalah sebagai berikut :
  1. Akar Gantung. Akar gantung tumbuh pada bagian tumbuhan yang berada di atas tanah. Akar itu kemudian menggantung di udara, misalnya akar gantung pada pohon beringin.
  2. Akar Pelekat. Akar pelekat tumbuh pada bagian batang. Akar tersebut berguna untuk menempelkan tumbuhan itu pada kayu, tembok, atau tumbuhan lain, misalnya akar pada tumbuhan sirih dan lada.
  3. Akar Tunjang. Akar tunjang tumbuh pada bagian bawah batang. Akar itu tumbuh ke segala arah, gunanya untuk menunjang agar batang tidak rebah, misalnya akar pada pohon pandan.
  4. Akar Napas. Akar napas merupakan cabang-cabang dari akar tumbuhan tersebut. Akar itu tumbuh ke atas sehingga muncul di permukaan tanah atau air. Akar napas berguna untuk keluar masuknya udara ke dalam tumbuhan, misalnya akar pohon bakau.
Fungsi akar adalah sebagai berikut :
  • menyerap air dan zat hara (mineral ) dari dalam tanah;
  • menunjang berdirinya tumbuhan;
  • sebagai alat penapasan (akar napas) seperti pada tumbuhan bakau;
  • sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan (singkong dan wortel).

Batang
Batang memiliki dua pembuluh yaitu xilem dan floem. Xilem berfungsi mengangkut air dan zat hara menuju daun, sedangkan floem berfungsi mengangkut makanan yang dibuat di daun  ke seluruh bagian tubuh. Dipermukaan kulit batang terdapat lentisel yang berfungsi sebagai alat pernapasan.
Ada tiga jenis batang yaitu :
  1. Batang berkayu, yaitu batang tumbuhan yang terdiri dari kayu, misalnya batang pohon mangga.
  2. Batang rumput, yaitu batang tumbuhan yang beruas-ruas dan berongga, misalnya batang padi dan rumput.
  3. Batang basah, yaitu batang tumbuhan yang lunak dan berair, misalnya batang tanaman bayam.
Fungsi batang adalah sebagai berikut :
  • penopang tumbuhan agar tetap tegak;
  • pengangkut air dan mineral dari akar ke daun (xilem);
  • penyimpan makanan cadangan (tebu dan kentang);
  • pengangkut hasil fotosintesisi (floem)
 Daun
Pada daun terdapat klorofil (zat hijau daun), stomata dan lubang pengeluaran (hidatoda) yang terdapat di tepi daun. 

Bentuk daun:
1. Bentuk daun berdasarkan susunan tulang daunnya ada 4 (empat) macam, sebagai berikut :
  1. Bertulang menyirip, bentuknya seperti susunan sirip ikan. Contoh daun mangga, jambu, dan nangka.
  2. Bertulang menjari, bentuknya seperti jari-jari tangan. Contoh daun pepaya, daun singkong, dan daun kapas.
  3. Bertulang melengkung, bentuknya berupa garis-garis melengkung, contoh daun genjer.
  4. Bertulang sejajar, bentuknya berupa garis-garis sejajar, contoh daun padi dan daun jagung.
Jenis daun berdasarkan jumlah helai daun pada tangkai daun ada dua, sebagai berikut :
  • Daun Tunggal. Bila pada sebatang tangkai daun hanya terdapat satu helai daun, misalnya daun singkong, daun pepaya, dan daun pisang.
  • Daun Mejamuk. Bila pada sebatang tangkai daun terdapat beberpaa helai daun, misalnya daun belimbing, daun asam, dan daun mawar.
 
Fungsi daun adalah sebagai berikut :
  • tempat pembuatan makanan (fotosintesis) yang berlangsung di bagian klorofil;
  • untuk pernapasan karena daun memiliki mulut daun (stomata);
  • tempat pengeluaran air melalui transpirasi dan gutasi. Transpirasi adalah proses kehilangan air dalam bentuk uap air melalui stomata. Gutasi adalah pengeluaran air dalam bentuk titik air melalui lubang pengeluaran (hidatoda).

Bunga
Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan secara kawin. Pada bunga terdapat putik sebagai alat kelamin betina dan benang sari sebagai alat kelamin jantan.
Bunga dapat dibedakan menjadi dua, sebagai berikut :
a. Bunga tidak sempurna. Bunga yang hanya mempunyai benang sari saja atau putik saja. Bunga yang hanya mempunyai benang sari saja disebut bunga jantan. Bunga hanya mempunyai putik saja disebut bunga betina.
b. Bunga sempurna. Bunga yang mempunyai benang sari dan putik. Bunga sempurna terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut :
  • Tangkai bunga, yaitu bagian yang menghubungkan antara batang dengan bunga.
  • Kelopak bunga, yaitu bagian yang gunanya untuk melindungi ketika bunga masih kuncup. Kelopak bunga berwarna hijau, bentuknya menyerupai daun. Kelopak bunga akan membelah bila bunga mekar.
  • Mahkota bunga, yaitu bagian bunga yang indah. Mahkota biasanya bentuknya menarik dan berwarna-warni. Mahkota bunga berguna untuk menarik perhatian serangga.
  • Benang sari, yaitu alat kelamin jantan bunga, berguna sebagai alat perkembangbiakan.
  • Putik, yaitu alat kelamin betina bunga. Berguna sebagai alat perkembang biakan.
Buah dan Biji
Di dalam biji terdapat makanan cadangan (endosperma) dan bakal tumbuhan baru (lembaga). Daging dan kulit buah berfungsi untuk melindungi bakal tumbuhan baru dari pengaruh buruk lingkungan luar.

No comments:

Post a Comment